Minggu, 20 Januari 2013


tentang Penyakit Chikungunya


Penyakit Chikungunya sebenarnya pada mulanya merupakan penyakit yang menjangkiti hewan yang hidupnya di tengah hutan yang kemudian seiring berjalannya waktu penyakit chikungunya menyebar ke pemukiman penduduk. Virus penyakit chikungunya pertama kali menyerang di wilayah Indonesia pada tahun 1973. Penyakit ini adalah sejenis penyakit demam virus yang disebabkan oleh ALPHAVIRUS yang disebarkan melalui gigitan nyamuk dari spesies Aedes Aegypti. Nama Chikungunya sendiri diambil dari sebuah bahasa Swahili yang berarti "yang melengkung keatas" karena pada dasarnya seseorang yang menderita penyakit chikungunya tubuhnya menjadi emmbungkuk sebagai akibat dari gejala - gejala arthritis.
 
GEJALA PENYAKIT CHIKUNGUNYA:
  • Tubuh menjadi demam dengan tiba - tiba
  • Merasakan linu yang luar biasa pada persendian
  • Timbul rasa sakit pada tulang - tulang
  • Merasakan pegal - pegal pada seluruh bagian tubuh
  • Merasakan nyeri kepala yang hebat
  • Terkadang penderita juga merasakan nyeri yang hebat  pada hampir seluruh bagian tubuh 
  • Timbul bercak - bercak kemerahan pada kulit punggung dan bagian luar anggota gerak
 
 
PENCEGAHAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA:
Rasa nyeri luar biasa yang dirasakan oleh penderita chikungunya membuat si penderita tidak bisa tidur, bahkan akan sangat kesulitan untuk menggerakkan jari-jarinya. Satu - satunya cara untuk mencegah penyakit chikungunya adalah dengan cara memberantas nyamuk spesies Aedes Aegypti serta menjaga kebersihan lingkungan. Penyakit chikungunya sering dihubungkan dengan kelembaban udara dan curah hujan. Sehingga pada saat musim penghujan kita harus lebih waspada terhadap resiko terjangkit berbagai macam penyakit, termasuk penyakit chikungunya salah satunya.
 
 
PENGOBATAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA:
Tidak ada obat khusus yang bisa menyembuhkan penyakit chikungunya. Walaupun sama - sama disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, penyakit chikungunya ini berbeda dengan penyakit demam berdarah dengeu karena pada penyakit chikungunya tidak terjadi pendarahan hebat dan tidak bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini cukup diobati dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi obat demam bila perlu karena sudah merasa tidak nyaman, serta antisipasi terhadap kejang demam bila terdapat riwayat kejang pada keluarga. Penyakit chikungunya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu kurang lebih 7 hari sejak merasakan gejala nyeri dan ngilu tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar